Rabu, 26 Agustus 2009

Mozilla Firefox Yang Selalu Perbaharui Versi Rilisnya

By thePinkFighter on August 11th, 2009

Luar biasa proses pengembangan pada versi Firefox dari hari ke hari. Bayangkan tanpa kita sadari, setiap saat akan ada versi terbaru dari Firefox. Tidak hanya dalam hitungan tahunan atau bulanan tapi ini bahkan sudah dalam hitungan mingguan. Tampaknya sungguh menarik dari apa yang telah diterapkan oleh pihak Mozilla terhadap versi firefox sehingga setiap saat akan tampak kehadiran versi terbaru dari Firefox. Dan ini tentunya akan ada banyak versi yang dikeluarkan selama ini.



Kabar yang sedang hangat-hangatnya yang bergulir pada minggu yang lalu adalah munculnya Firefox 3.5.2 patch yang menghadirkan versi alpha dari versi penggantinya yaitu Firefox 3.6 yang tercatat untuk peluncurannya pada bulan November 2009 mendatang.

Pihak Mozilla menyatakan bahwa Firefox 3.6 Alpha meliputi perbaikan dalam hal kecepatannya ke TraceMonkey JavaScript engine, startup speed tweaks dan beberapa perubahan yang dirahasiakan. Dengan nama kode ‘Namoroka, Firefox 3.6 yang berbasis pada Gecko 1.9.2, masih dalam pengembangan upgrade buat engine rendering Mozilla-nya.

Direktur Firefox Mike Beltzner mengatakan kalau para developer Mozilla harus memilih apakah mengikuti FireFox 3.5 (versi sebelumnya) akan menjadi sebuah rilis maintenan ataukah mengupgrade secara besar-besaran dan menyeluruh. Dan biasanya keputusan perusahaan lebih sedikit perubahan yang terjadi untuk skala waktu pengembangan yang sebentar (pendek).

Namoroka menjadi sebuah rilis tambahan, yang terbentuk pada kesuksesan Firefox 3.5. Ditambahkan pula bahwa hal tersebut akan meningkatkan kinerja perusahaan pada startup browser, membuka tab baru dan meload halaman yang di-bookmark. Selain itu juga akan menambah dukungan buat fitur-fitur yang ada pada Windows 7 seperti ‘Aero Peak’ yang memungkinkan pemakai melihat desktop dibalik windows yang terbuka.








0 komentar: